Selasa, 16 Juli 2019

Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menyewakan Rumah Kontrakan


Seiring dengan berjalannya waktu, sepertinya sudah mulai banyak masyarakat yang memilih bisnis rumah kontrakan murah sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Selain mudah, menjalani bisnis rumah kontrakan juga tidak memerlukan banyak tenaga dan pikiran. Berbeda dengan bisnis kuliner yang memerlukan tenaga masak dan bisnis fashion yang memerlukan begitu banyak inovasi dan kreatifitas agar selalu mengikuti zaman dengan model pakaian yang kekinian.

Membangun bisnis rumah kontrakan tidak memerlukan inovasi maupun tenaga. Ketika rumah kontrakan tersebut jadi, anda hanya tinggal menunggu calon tenan yang datang dengan sendirinya untuk mencari rumah kontrakan yang mereka butuhkan. Dapat dipastikan bahwa hanya dengan duduk manis, uang akan datang dengan sendirinya ke kantong anda. Tentu suatu hal yang sangat diimpikan seluruh orang, bukan?

Budaya sebagian besar masyarakat Indonesia yang gemar merantau membuat hadirnya bisnis rumah kontrakan sangat dibutuhkan. Hal tersebut dikarenakan, dibandingkan dengan membeli rumah ataupun menyewa apartment, rumah kontrakan justru memiliki biaya yang jauh lebih terjangkau, ditambah lagi dengan fasilitas yang tidak terlalu berbeda dengan rumah dan apartment. Bagi kalangan menengah, menyewa rumah kontrakan merupakan pilihan tempat tinggal paling tepat.

Hanya saja, permintaan rumah kontrakan yang kian meningkat mengharuskan para pelaku usaha bisnis rumah kontrakan itu sendiri untuk menjadi lebih selektif dan memberlakukan peraturan untuk para calon tenan yang akan menyewa rumah mereka. Tentu saja hal tersebut harus dilakukan guna menjaga ketertiban dan menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menyalahgunakan rumah kontrakan tersebut.

Bagi anda pelaku bisnis rumah kontrakan, sebenarnya apa saja sih yang harus diperhatikan sebelum menyewakan rumah kepada calon tenan?

1. Latar Belakang Penghuni

Mengetahui latar belakang calon tenan yang akan menyewa merupakan salah satu hal yang penting. Dari mana asalnya, latar belakang, pekerjaan saat ini, dan tujuan ia datang ke lokasi sangat perlu untuk diketahui. Jangan lupa untuk mencari tahu pula apakah ia memiliki latar belakang kriminal atau tindakan buruk atau tidak. Jangan sampai rumah yang anda sewakan justru disalahgunakan untuk kepentingan yang bersifat negatif.

2. Tamu Lawan Jenis

Jika anda menyewakan rumah kontrakan untuk jenis kelamin tertentu, seperti khusus untuk wanita atau khusus untuk pria, maka perhatikan para tamu yang datang. Apabila tamu yang datang merupakan lawan jenis, setidaknya berlakukanlah peraturan untuk tidak menutup pintu atau memberikan batas maksimal jam kunjungan.

Namun, bila anda menyewakan rumah campuran seperti untuk wanita dan pria, maka jika ada yang berniat untuk tinggal bersama, ketahuilah hubungan mereka, apakah mereka berstatus suami istri atau justru memiliki status kakah beradik dan sebagainya.

3. Binatang Peliharaan

Ada rumah kontrakan yang mengizinkan para tenannya untuk membawa binatang peliharaan, ada pula yang tidak dengan alasan takut mengusik tetangga sekitar. Maka dari itu, buatlah kebijakan apakah rumah kontrakan anda akan diperbolehkan untuk membawa binatang peliharaan atau tidak. Kalaupun boleh, jenis hewan seperti apa yang diperbolehkan?

Membangun bisnis rumah kontrakan memang susah susah gampang. Walaupun anda hanya tinggal duduk manis menunggu para calon tenan yang membutuhkan rumah kontrakan, namun melakukan seleksi dan memberlakukan peraturan agar tetap menjaga ketertiban rumah kontrakan anda bisa dijadikan sebagai salah satu kendala tersendiri bagi para pelaku bisnis rumah kontrakan.

Selain itu, dapat dikatakan pula bahwa bisnis rumah kontrakan juga membutuhkan modal awal yang jauh lebih besar dibandingkan jenis-jenis usaha lainnya. Anda akan membutuhkan dana setidaknya untuk biaya membeli tanah dan pembangunan yang jumlahnya tidak sedikit. Namun walau begitu, bisnis rumah kontrakan dapat dikatakan sebagai bisnis jangka panjang yang berpeluang untuk memberikan penghasilan besar sekaligus dijadikan sebagai instrumen investasi paling menguntungkan.

Modal besar yang anda keluarkan diawal akan sebanding dengan keuntungan yang akan anda dapatkan. Jika anda sebagai pemula yang ingin memulai bisnis rumah kontrakan, jangan takut! Yuk pelajari dulu hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk membangun bisnis rumah kontrakan dengan membaca artikel berikut ini https://www.cekaja.com/info/bisnis-rumah-kontrakan-untung-rugi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar