Selasa, 09 Juli 2019

Harga Tiket Kereta Bandara Yogya Murah, Ini Fasilitas yang Didapat



Pada awal Mei 2019, bandara terbaru Yogyakarta International Airport (YIA) baru saja diresmikan. Bandara YIA hadir dengan fasilitas yang lebih lengkap dan ukuran bandara lebih luas dengan tampilan modern. Para penumpang juga akan dimudahkan mobilitasnya dengan adanya kereta bandara yang dikelola oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Sehingga diharapkan, keberadaan Bandara YIA bisa mempermudah masyarakat yang bertransportasi dari dan menuju Yogyakarta.

Kereta bandara Yogyakarta ini menghubungkan bandara yang notabene nya berada di barat daya Yogya, dengan daerah sekitar hingga menuju ke pusat kota Yogyakarta. Kereta bandara ini juga diresmikan di waktu yang berdekatan dengan peresmian bandara, yakni pada 6 Mei 2019.

Ternyata, harga tiket bandara Yogya dijual dengan harga terjangkau. Bahkan, pada 3 hari pertama peresmiannya, penumpang mendapat promosi potongan harga sebesar 50%. Namun harga itu kembali ke harga normal setelah hari ke-empat pengoperasian kereta bandara Yogya.

Harga Tiket Kereta Bandara Yogya


Kereta Bandara YIA menggunakan rangkaian Solo Express. Kereta ini sebenarnya lebih dulu melayani rute Solo Yogyakarta menuju Kutoarjo, dan diresmikan pengoperasiannya pada Mei 2018. Jadi, kereta ini baru beroperasi selama satu tahun sebelum akhirnya melayani rute dari dan menuju Bandara YIA.

Ada beberapa stasiun yang dilalui saat menuju Bandara YIA, yakni rute Stasiun Maguwo-Tugu-Wates-Wojo, begitu juga sebaliknya. Ketika sampai di Stasiun Wojo, penumpang akan transit dan melanjutkan perjalanan dengan shuttle bus menuju terminal bandara. Rute ini masih bersifat sementara.

Jika Stasiun Kedundang di dekat Bandara YIA sudah selesai pembangunannya, maka penumpang bisa turun langsung di Bandara. Solo Express terdiri dari empat gerbong berkapasitas 196 penumpang duduk, dan 98 penumpang berdiri. Perjalanan ditempuh dengan waktu 30-45 menit.

Kereta Bandara YIA menjadi layanan kereta bandara ketiga yang ditawarkan PT KAI. Sebelumnya, PT KAI meresmikan kereta Bandara Kualanamu di Medan, dan kereta Bandara Soetta yang ada di Jakarta. Di Jakarta, tiket kereta bandara dijual dengan harga Rp 70 ribu.

Jika dibandingkan dengan harga tiket Bandara Yogya, maka harga itu lebih mahal. Karena untuk harga tiket Bandara Yogya hanya Rp 30 ribu untuk 0-66 km dan Rp 40 ribu untuk jarak lebih dari 66 km.

Baca juga: Info Harga Tiket Kereta Bandara Yogya dan Destinasi Dekat Bandara YIA


Fasilitas Yang Didapatkan


Dengan empat gerbong berkapasitas 196 penumpang duduk, dan 98 penumpang berdiri, tampilan fisik Solo Ekspress memang lebih kecil dibanding kereta bandara di Jakarta. Di kereta ini, kursi yang tersedia cukup nyaman, empuk dan berukuran besar.

Ruang kaki lebih luas, AC, toilet bersih, dan stop kontak. Interior kereta didominasi dengan warna hijau. Tersedia pula tempat bagasi berukuran sedang di atas kursi penumpang. Selain membeli tiket secara langsung di loket, anda juga bisa memesan lewat aplikasi KAI Access yang ada di Play Store Android dan App Store Apple.

Demikian lah info harga tiket kereta bandara Yogya. Untuk tahu lebih detil mengenai jadwal kereta Bandara Yogya, anda bisa membacanya di artikel ini
https://www.cekaja.com/info/resmi-beroperasi-ini-rute-dan-harga-tiket-kereta-bandara-baru-yogyakarta-yang-perlu-kamu-tahu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar